Sabtu, 05 Desember 2009

Langkah-langkah belajar efektif

A. Langkah-langkah belajar efektif adalah mengetahui

* diri sendiri
* kemampuan belajar anda
* proces yang berhasil anda gunakan, dan dibutuhkan
* minat, dan pengetahuan atas mata pelajaran anda inginkan

Anda mungkin belajar fisika dengan mudah tetapi tidak bisa belajar tenis, atau sebaliknya. Belajar apapun, adalah proces untuk mencapai tahap-tahap tertentu.

Empat langkah untuk belajar efektif :

1.> Mulai dengan masa lalu

Apakah pengalaman anda tentang cara belajar? Apakah anda

* senang membaca? memecahkan masalah? menghafalkan? bercerita? menterjemah?
berpidato?
* mengetahui cara menringkas?
* tanya dirimu sendiri tentang apa yang kamu pelajari?
* meninjau kembali?
* punya akses ke informasi dari banyak sumber?
* menyukai ketenangan atau kelompok belajar?
* memerlukan beberapa waktu belajar singkat atau satu yang panjang?

Apa kebiasaan belajar anda? Bagaimana tersusunnya? Yang mana terbaik? terburuk?

Bagaimana anda berkomunikasi dengan apa yang anda ketahui belajar paling baik?
Melalui ujian tertulis, naskah, atau wawancara?

2.> Teruskanke masa sekarang

Berminatkah anda?
Berapa banyak waktu saya ingin gunakan untuk belajar?
Apa yang bersaing dengan perhatian saya?

Apakah keadaannya benar untuk meraih sukses?
Apa yang bisa saya kontrol, dan apa yang di luar kontrol saya?
Bisakah saya merubah kondisi ini menjadi sukses?

Apa yang mempengaruhi pembaktian anda terhadap pelajaran ini?

Apakah saya punya rencana? Apakah rencanaku mempertimbangkan pengalaman dan
gaya belajar anda?

3.> Pertimbangkan proses, persoalan utama

Apa judulnya?
Apa kunci kata yang menyolok?
Apakah saya mengerti?

Apakah yang telah saya ketahui?
Apakah saya mengetahui pelajaran sejenis lainnya?

Sumber-sumber dan informasi yang mana bisa membantu saya?
Apakah saya mengandalkan satu sumber saja (contoh, buku)?
Apakah saya perlu mencari sumber-sumber yang lain?

Sewaktu saya belajar, apakah saya tanya diri sendiri jika saya mengerti?
Sebaiknya saya mempercepat atau memperlambat?
Jika saya tidak mengerti, apakah saya tanya kenapa?

Apakah saya berhenti dan meringkas?
Apakah saya berhenti dan bertanya jika ini logis?
Apakah saya berhenti dan mengevaluasi (setuju/tidak setuju)?

Apakah saya membutuhkan waktu untuk berpikir dan kembali lagi?
Apakah saya perlu mendiskusi dengan "pelajar-pelajar" lain untuk proces
informasin lebih lanjut?
Apakah saya perlu mencari "para ahli", guruku atau pustakawan atau ahliawan?

4.> Buat review

Apakah kerjaan saya benar?
Apakah bisa saya kerjakan lebih baik?
Apakah rencana saya serupa dengan "diri sendiri"?

Apakah saya memilih kondisi yang benar?
Apakah saya meneruskannya; apakah saya disipline pada diri sendiri?

Apakah anda sukses?
Apakah anda merayakan kesuksesan anda?

B. Rencana Jadwal Belajar Efektif:

Pedoman:

* Perhatikan waktumu.
* Refleksikan bagaimana kamu menghabiskan waktumu.
* Sadarilah kapan kamu menghabiskan waktumu dengan sia-sia.
* Ketahuilah kapan kamu produktif.

Dengan mengetahui bagaimana kamu menghabiskan waktu dapat membantu untuk:

Membuat daftar "Kerjaan". Tulislah hal-hal yang harus kamu kerjakan, kemudian
putuskan apa yang dikerjakan sekarang, apa yang dikerjakan nanti, apa yang
dikerjakan orang lain, dan apa yang bisa ditunda dulu pengerjaannya.

Membuat jadwal harian/mingguan. Catat janji temu, kelas dan pertemuan pada
buku/tabel kronologis. Selalu mengetahui jadwal selama sehari, dan selalu pergi
tidur dengan mengetahui kamu sudah siap untuk menyambut besok.

Merencanakan jadwal yang lebih panjang. Gunakan jadwal bulanan sehingga kamu
selalu bisa merencanakan kegiatanmu lebih dulu. Jadwal ini juga bisa
mengingatkanmu untuk membuat waktu luangmu dengan lebih nyaman.

Jadwal Belajar Efektif:
* Beri waktu yang cukup untuk tidur, makan dan kegiatan hiburan.
* Prioritaskan tugas-tugas.
* Luangkan waktu untuk diskusi atau mengulang bahan sebelum kelas.
* Atur waktu untuk mengulang langsung bahan pelajaran setelah kelas. Ingatlah
bahwa kemungkinan terbesar untuk lupa terjadi dalam waktu 24 jam tanpa review.
* Jadwalkan waktu 50 menit untuk setiap sesi belajar.
* Pilih tempat yang nyaman (tidak mengganggu konsentrasi) untuk belajar.
* Rencanakan juga "deadline".
* Jadwalkan waktu belajarmu sebanyak mungkin pada pagi/siang/sore hari.
* Jadwalkan review bahan pelajaran mingguan.
* Hati-hati, jangan sampai diperbudak oleh jadwalmu sendiri!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search